Stay in touch
Subscribe to our RSS!
Oh c'mon
Bookmark us!
Have a question?
Get an answer!

RPP Tematik Kelas 1 Tema 2 (Kegemaranku) Subtema 1 Pembelajaran ke - 3

0 komentar
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Satuan Pendidikan : SDIT Nurul Anshar
Kelas / Semester : I / I
Tema / Topik : 2. Kegemaranku
Sub Tema : 1. Gemar berolahraga
Pembelajaran Ke : 3
Hari / Tanggal : Kamis / 4 September 2014
Alokasi Waktu : 5 x 35 menit


A. Kompetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, perduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3. Memahami pengetahuan factual dengan cara mengatur ( melihat, mendengar, membaca ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya Makhluk Ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda benda yang dijumpainya dirumah dan disekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.3 Memiliki perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

Indikator
3.1.1 Mengamati teks deskriptif tentang anggota tubuh
4.1.1 Mempraktikkan teks deskriptif tentang anggota tubuh





Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku patuh pada aturan dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan sesuai prosedur/ aturan dengan memperhatikan nilai tempat puluhan dan satuan
2.2 Menunjukkan perilaku teliti dan peduli dengan menata benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai terbesar
3.2 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.10 Membaca dan mendeskripsikan data pokok yang ditampilkan pada grafik konkrit dan piktograf

Indikator
3.2.1 Menghitung benda hingga 20
3.2.2 Menyebutkan bilangan 1 sampai dengan 20
3.2.3 Mengidentifikasi banyak benda berdasarkan gambar

PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
2.3 Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah

Indikator
3.2.1 Mengidentifikasi aturan sederhana di sekolah
4.2.1 Menunjukkan sikap tertib saat mengikuti kegiatan permainan di sekolah

PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan yang tidak ternilai
2.1 Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
2.2 Menunjukkan perilaku santun kepada teman dan guru selama pembelajaran penjas
2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
2.5 Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan
2.6 Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik
2.7 Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan
3.1 Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

Indikator
3.1.1 Mengetahui dan memahami gerakan kepala, leher, pundak, tangan, pinggul dan kaki
4.1.1 Melakukan senam pemanasan secara sederhana

C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan menyimak, siswa mampu menyebutkan bagian-bagian tubuh yang terdapat dalam teks melalui permainan kuda bisik dengan percaya diri.
2. Dengan bertanya jawab siswa dapat menjelaskan cara bermain bulu tangkis dengan percaya diri.
3. Dengan membaca nyaring, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan santun.
4. Dengan bertanya jawab siswa dapat mengidentifikasi aturan sederhana permainan sepak bola dengan santun.
5. Dengan bermain “kuda bisik” siswa dapat menunjukkan sikap tertib dengan disiplin.
6. Dengan mengamati gambar, siswa mampu membilang 1-20.
7. Dengan kerja kelompok siswa mampu mengidentifikasi jumlah siswa berdasarkan olahraga kesukaan dengan tepat

D. Materi
1. Membaca teks tentang olaharaga
2. Olahraga bulu tangkis, voli, lompat jauh dan sepak bola
3. Menghitung bilangan 1 sampai 99

E. Pendekatan & Metode
Pendekatan : Scientific (Mengamati. Mengomunikasikan, Menanya, Menalar, dan
Mengolah Informasi)
Strategi : Cooperative Learning ( discovery based learning )
Metode : Penugasan, Tanya jawab, diskusi, dan ceramah

F. Sumber dan Media
1. Buku siswa.
2. Lembar kerja di buku siswa.
3. Alat yang bisa dipakai untuk praktik bulutangkis.
4. Buku Guru / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014.





G. Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
Pendahuluan 1. Mengajak siswa berdoa menurut agama keyakinan masing – masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
3. Guru menanyakan olahraga yang disukai oleh siswa

4. Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang Kegemaranku pembelajaran 3 dan tujuan pembelajaran 10 menit
Inti 1. Siswa menyimak guru membacakan teks pendek tentang bagian tubuh yang digunakan saat berolahraga. (mengolah informasi)
2. Siswa bertanya jawab seputar teks yang baru dibacakan. (menanya)
3. Guru menjelaskan cara bermain bulu tangkis secara
sederhana. (mengkomunikasikan)
4. Siswa membaca nyaring teks dengan bantuan guru lalu menjawab pertanyaan. (mengolah informasi)
5. Kemudian siswa menyebutkan kalimat tentang bagian-bagian tubuh yang terdapat dalam teks. (mengkomunikasikan)
6. Siswa mendengarkan aturan permainan “Kuda Bisik”. (mengumpulkan informasi)
7. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok.
• Siswa berbaris berbanjar ke belakang dalam
kelompok masing-masing. (mengolah informasi)
• Satu perwakilan siswa dari kelompok masing-masing berkumpul dan mendengarkan kalimat
yang dibacakan guru. Misalnya, “bulutangkis
menggerakkan tubuh”. (mengolah informasi)
• Setelah mendengar aba-aba dari guru, setiap
perwakilan siswa membisikkan kata-kata yang didengarnya dari guru kepada teman di barisan paling depan. (mengkomunikasikan)
• Kemudian siswa di barisan paling depan membisikkan kalimat tersebut kepada teman di
belakangnya dan seterusnya sampai kepada siswa
yang berada di barisan paling belakang. (mengkomunikasikan)
• Setelah selesai guru meminta siswa di bagian
paling belakang menyampaikan kalimat yang
didengarnya kepada guru. (mengkomunikasikan)
• Guru mencatat dan mengecek kebenaran jawaban
dan meneliti kesalahan penyampaian dengan
meminta siswa mengulang apa yang telah
dibisikkan pada teman. (mengkomunikasikan)
8. Guru memberikan apresiasi hasil kerja dan ketertiban masing-masing kelompok. (mengkomunikasikan)
9. Permainan diulang dengan guru membisikkan kalimat-kalimat lain yang berhubungan dengan teks. (mengamati)
10. Perwakilan kelompok harus dipilih secara bergilir.
11. Setelah waktu permainan habis siswa diminta
Menyampaikan perasaan dan pendapatnya mengenai kegiatan tersebut. (mengkomunikasikan)
12. Siswa melakukkan praktik permainan bulu tangkis. (mengolah informasi)
13. Siswa membaca nyaring teks dengan bantuan guru. (mengkomunikasikan)
14. Siswa bertanya jawab tentang isi teks. (menanya)
15. Siswa mengidentifikasi aturan sederhana permainan bola melalui diskusi, misalnya satu tim sepak bola terdiri dari 11 pemainan. (mengolah informasi)
16. Usai bermain bola siswa mendengarkan penjelasan guru tentang belajar menghitung bilangan 1-20. (mengolah informasi)
• Guru memilih tiga siswa berdasarkan olahraga kegemarannya. Misalnya, siswa pertama gemar sepak bola, siswa kedua gemar bulu tangkis, dan siswa ketiga gemar pencak silat. (mengumpulkan informasi)
• Siswa lainnya diminta untuk bergabung dengan salah satu dari ketiga siswa tersebut. (mengkomunikasikan)
• Siswa diminta menghitung jumlah anggota pada kelompoknya dengan bersuara. (mengkomunikasikan)
• Guru menuliskannya di papan tulis, misalnya sepak bola = 11 siswa, bulu tangkis = 13 siswa, dan pencak silat = 16 siswa. (mengkomunikasikan)
17. Permainan dapat diulang dengan kriteria yang berbeda, misalnya alat olahraga yang paling disukai atau warna baju sepak bola yang paling disukai, dan seterusnya. (mengumpulkan informasi)
18. Hal yang perlu diperhatikan adalah pembagian kelompok maksimal sebanyak tiga kelompok. (mengamati)
19. Lakukan permainan ini berulang kali sehingga siswa punya banyak pengalaman dalam menghitung bilangan lebih dari 10. (mengumpulkan informasi)
20. Untuk membantu siswa menghubungkan konsep bilangan dengan lambang bilangan, sebaiknya guru menuliskan lambang bilangan dari setiap jumlah anggota kelompok. (mengkomunikasikan)
21. Kegiatan ini diakhiri dengan meminta siswa mengerjakan latihan di buku siswa. (mengkomunikasikan) 150 menit
Penutup 1. Bersama – sama siswa membuat kesimpulan rangkuman hasil belajar selama sehari (komunikasi)
2. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3. Melakukan penilaian
4. Mengajak siswa – siswa berdoa menurut keyakinan masing – masing untuk mengakhiri pembelajaran. 15 menit

H. Penilaian
1. Penilaian Sikap


2. Penilaian Pengetahuan
- Tes tertulis (lembar kerja di buku siswa)












3. Penilaian Keterampilan
Lembar Pengamatan Kegiatan Permainan Kuda Bisik




Situbondo, 4 September 2014
Mahasiswa / Praktikan



WINDA NOVELASARI
NPM. 201110182

Mengetahui,

Guru Pamong Dosen Pembimbing




Dra. RINDANG SARI VIDYA PRATIWI, S.pd
NIY. 045992012 NIS. NIS.360 010 173



Kepala Sekolah




HADI SUKOMULYONO, S.pd
NIP. 196990917 199308 1 001







0 komentar: