Stay in touch
Subscribe to our RSS!
Oh c'mon
Bookmark us!
Have a question?
Get an answer!

Okara Bhângsalan Madhurâ

0 komentar



A.    Pengertian

Adalah bentuk atau gaya ucap sastra Bahasa Madura yang memiliki rasa bahasa yang unik; menyembunyikan ‘arti kata’ yang tidak langsung. Yakni, dengan cara mencari kata longêt (bahasa yang menarik, bumbu kalimat) yang diambil dari kata asal (kependekan nama) dari bhângsalan yang dikandung dalam okara (kalimat) tersebut.

Untuk membuat kalimat bhângsalan, sebelumnya kita harus menemukan terlebih dahulu kata kerja yang berakhiran suku kata dengan bunyi (fonem) seperti bunyi akhir suku kata dalam kata ‘temmo‘ tersebut, yaitu ‘mo‘. Contoh: samo-nemmonamo-temmotatemmo, atau lain sebagainya. Contoh beberapa kata kerja yang berakhiran suku kata dengan bunyi ‘mo’ tersebut disebut sebagai panebbhus/maksod
(penebus/maksud) dari bhângsalan.

Ketika hendak dijadikan okara/kalimat bhângsalan, kata temmo tersebut harus ‘disembunyikan’ (tidak diletakkan dalam kalimat). Hal ini bertujuan demi lebih menggelitik telinga pendengar saat kalimat/okara tersebut kita ucapkan. Adapun contohnya adalah sebagai berikut.

B.    Contoh Bhângsalan dalam Kalimat

Contoh 1

      Sebagaimana telah diterangkan di atas, bahwa dalam kalimat bhângsalan, panebbhus atau arti dari kata bhângsalan haruslah disembunyikan (tidak diletakkan dalam susunan kalimatnya). Kalau mengaca pada susunan kalimat dalam gramatika Bahasa Arab, kita kenal ini dengan istilah kalimat mustatir (tersimpan).

      Perhatikan contoh berikut:

Éyatorè ḍhâ’âr pasaéyaghi. Nyê’-konyé’ ghunongsamo-nemmona ka’ḍinto, Ka’ Towan!

Artinya: “Dipersilahkan! Makanlah dengan lahap, Tuan! Inilah apa adanya yang bisa kami haturkan”.

Adapun rincian bhângsalan dalam kalimat tersebut dapat kita rinci sebagaimana dalam tabel berikut:

Contoh 2

Dalam satu kalimat bhângsalan, boleh hukumnya meletakkan beberapa panegghes sebagaimana dalam contoh kalimat berikut.Contoh 2

“Bilâ anḍi’ otang, ma’ ngembhâng pênang; lajhu toḍus sê nyapa‘a; bila tagheppok ê jhâlân, robâna dem-nyalendem pa-maloppa; ta’ ênga’ ka sê ghi’ ngênjhâma, bhâsana kosé seddhâ’ ghenna’ bân palappana!”.

Untuk melihat rinciannya dalam format skema, berikut keseluruhan artikel ini, silahkan klik tautan ini >>  BHANGSALAN

C.   Contoh Lain Bhângsalan

Dalam menyusun kalimat bhângsalan, sekalipun kita dituntut dan diatur agar memperhatikan beberapa pokok kuncinya, yaitu: kesesuaian antara bhângsalan, panebbhus, dan maksudnya namun kita bebas menentukan tutur kasar-halus dari kalimat bhângsalan itu sendiri. Agar semakin jelas, mari kita perhatikan dua contoh dari satu bhângsalan berikut ini.

1.      Cong, séngko’ bâ’na réya ḍâ-paḍâ buwâ célo’, Cong! Sénga’, yâ.. ajjhâ’ ngacér naréma bâberri’na oréng!

2.      Mélana bhâdhân kaulâ sadhâjâ ka’ḍinto namong buwà célo’, samé-samé ngalécér ngarep syafa’attépon Kanjeng Nabbhi Muhammad Rasulullah.

Adapun rangkuman beberapa contoh bhângsalan yang bisa kita masukkan dalam kalimat, di antaranya adalah sebagai dalam tabel
berikut.

 



0 komentar: