Stay in touch
Subscribe to our RSS!
Oh c'mon
Bookmark us!
Have a question?
Get an answer!

RPP Tematik Kelas 1 Tema 2 (Kegemaranku) Pembelajaran ke - 1

0 komentar
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Satuan Pendidikan : SDIT Nurul Anshar
Kelas / Semester : I / I
Tema / Topik : 2. Kegemaranku
Sub Tema : 1. Gemar Berolahraga
Pembelajaran : 1
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 5 x 35 menit


A. Kompetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, perduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3. Memahami pengetahuan factual dengan cara mengatur ( melihat, mendengar, membaca ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya Makhluk Ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda benda yang dijumpainya dirumah dan disekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.3 Memiliki perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.4 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.2 Mengenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2 Mempraktikan teks arahan/petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan dan kebugaran tubuh secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

Indikator
3.2.1 Menjelaskan tentang teks petunjuk pemeliharaan kebugaran tubuh
4.2.1 Membaca teks petunjuk tentang merawat kebugaran tubuh

SBDP
1.1 Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
3.1 Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar

Indikator
3.1.1 Mengidentifikasi gambar sebagai karya seni ekspresi
4.1.1 Menggambar ekspresi berdasarkan hasil pengamatan lembar kerja di dalam buku siswa

C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan macam-macam olahraga dengan santun.
2. Dengan membaca nyaring, siswa mampu menyebutkan nama-nama olahraga dengan percaya diri.
3. Dengan menyusun huruf, siswa dapat menemukan 2-3 nama-nama jenis olahraga dengan disiplin.
4. Dengan menyusun huruf siswa mampu menulis nama-nama olahraga dengan percaya diri.
5. Dengan memasangkan gambar siswa mampu mengidentifikasi alat-alat olahraga dengan percaya diri.
6. Dengan mampu mengidentifikasi alat-alat olahraga, siswa mampu menggambar salah satu olahraga yang disukainya dengan tertib.
7. Dengan menggunakan gambar, siswa mampu menentukan pola gambar tertentu dengan tepat.
8. Dengan pengamatan terhadap gambar, siswa mampu melengkapi pola gambar dengan tepat.

D. Materi
1. Mengenal macam-macam olaharaga
2. Mengenal nama alat olahraga
3. Membaca teks tentang olaharaga dengan berulang-ulang
4. Menyusun nama olaharaga

E. Pendekatan & Metode
Pendekatan : Scientific (Mengamati, Mengomunikasikan, Menanya, Menalar, dan Mengumpulkan Informasi)
Model : Cooperative Learning (discovery based learning)
Metode : Penugasan, Tanya jawab, dan ceramah


F. Sumber dan Media
1. Buku siswa.
2. Pensil/pensil warna/krayon/spidol.
3. Buku Guru / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014.





G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
Pendahuluan 1. Mengajak siswa berdoa menurut agama keyakinan masing – masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
3. Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang Kegemaranku.
4. Menanyakan jenis olahraga yang digemari oleh siswa
10’
Inti 1. Siswa mengamati gambar yang ada pada buku siswa. (mengamati)
2. Siswa menyebutkan nama-nama olahraga. (mengkomunikasikan)
3. Siswa bertanya jawab berkaitan dengan gambar yang diamatinya. (menanya)
4. Beri kesempatan kepada siswa untuk saling mengajukan pertanyaan dan menjawab. (mengolah informasi)
5. Contoh pertanyaan yang mungkin:
• Olahraga apa yang kamu lihat pada gambar?
• Apa yang kamu ketahui tentang olahraga tersebut?
• Berapa banyak anak yang bermain bulutangkis pada gambar?
• Berapa banyak anak yang bermain sepak bola pada gambar?
• Berapa jumlah anak seluruhnya pada gambar?
• Olahraga mana yang merupakan olahraga tim?
• Sikap apa yang harus dilakukan dalam melakukan olahraga tim?
• Olahraga apa yang paling kamu sukai?
• Olahraga apa yang baru kamu ketahui?
6. Siswa membaca nyaring nama-nama cabang olahraga dengan bimbingan guru. (mengkomunikasikan)
7. Siswa menyusun huruf menjadi nama-nama cabang olahraga yang dipelajari. (mengolah informasi)
8. Siswa berlatih menulis dengan cara menebalkan. (mengolah informasi)
9. Untuk mengonfirmasi pengetahuan siswa, siswa menyebutkan kembali nama-nama cabang olahraga yang sudah diketahui dan baru diketahui. (mengolah informasi)
10. Setelah menyebutkan nama-nama cabang olahraga, siswa bertanya jawab tentang cabang-cabang olahraga dan alat-alat olahraga yang mereka ketahui dengan arahan guru. ((mengolah informasi)
11. Siswa mengamati contoh pertanyaan yang diajukan guru sebagai berikut:
• Jika kamu ingin bermain sepak bola, alat apa yang kamu butuhkan? (mengamati)
12. Siswa melakukan kegiatan tanya jawab secara bergantian berdasarkan contoh pertanyaan guru yang divariasikan atau dengan bahasa mereka sendiri.
• jika kamu ingin bermain bulutangkis, alat apa yang kamu butuhkan?
• jika kamu ingin bermain kasti, alat apa yang kamu butuhkan?
• dan seterusnya. (mengkomunikasikan)
13. Siswa menyebutkan kembali alat-alat yang dipergunakan untuk berolahraga. (mengkomunikasikan)
14. Siswa berlatih mengenal alat olahraga dengan memasangkan gambar alat-alat olahraga yang saling berhubungan dengan menarik garis. Misalnya, gambar bola dengan gambar lapangan bola dan gambar pelampung dengan kolam renang. (mengolah informasi)
15. Kemudian, siswa memilih pasangan gambar yang paling disukai untuk dijadikan tema dalam menggambar. ( menalar)
16. Siswa menggambar dan mewarnai sesuai tema yang dipilih. (mengolah informasi)
17. Siswa menuliskan tema yang dipilihnya di sudut kiri gambar. ( megolah informasi) 150’
Penutup 1. Bersama – sama siswa membuat kesimpulan rangkuman hasil belajar selama sehari (komunikasi)
2. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3. Melakukan penilaian
4. Mengajak siswa – siswa berdoa menurut keyakinan masing – masing untuk mengakhiri pembelajaran. 15’

H. Penilaian
1. Penilaian Sikap



2. Penilaian Pengetahuan
- Tes tertulis (lembar kerja di buku siswa)

3. Penilaian Keterampilan
Rubrik: Kegiatan Menggambar dan Mewarnai


Situbondo, 2 September 2014
Mahasiswa / Praktikan




WINDA NOVELASARI
NPM. 201110182

Mengetahui,

Guru Pamong Dosen Pembimbing





Dra.RINDANG SARI VIDYA PRATIWI, M.Pd
NIY. 045992012 NIS.360 010 173
Kepala Sekolah





HADI SUKOMULYONO, S.Pd
NIP. 196990917 199308 1 001

0 komentar: