RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PKn Kelas VI semeser I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SDN Puncak 2
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : VI (Enam)
Semester : I (Satu)
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
A. Standar Kompetensi
Memahami sistem pemerintahan Republik Indonesia.
B. Kompetensi Dasar
Menjelaskan proses Pemilu dan Pilkada.
C. Indikator
1. Menceritakan proses pemilu di Indonesia.
2. Menyebutkan arti dan asas pemilihan umum di Indonesia.
3. Menyebutkan tahun-tahun pemilihan umum di Indonesia.
D. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu menceritakan proses pemilu di Indonesia.
2. Siswa mampu menyebutkan arti san asas pemilihan umum di Indonesia.
3. Siswa mampu menyebutkan tahun-tahun pemilihan umum di Indonesia.
E. Materi Ajar
Pelaksanaan dan Pemilihan Pemilu
F. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya jawab.
4. Penugasan.
G. Langkah-langkah Kegiatan
1. Kegiatan Awal
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
Guru mengabsen siswa.
Memberitahu materiyang akan diajarkan hari ini.
2. Kegiatan Inti
Guru menjelaskan tentang tujuan diadakan pemilu
Guru menanyakan pada siswa mengenai arti dan asas Pemilu
Guru menyuruh siswa untuk menyebutkan tahun-tahun pemilihan umum di Indonesia
Guru memberikan tugas pada siswa
Guru dan siswa membahas soal yang telah dikerjakan
3. Kegiatan Penutup
Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar.
Memberikan pekerjaan rumah (PR)
Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
H. Sumber/Bahan Belajar
a. Power Point
b. Gambar/foto Pemilu.
c. Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 6 , terbitan BSE (Buku Sekolah Elektronik).
I. Penilaian
Indikator Pencapaian Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
Memahami tujuan pemilihan pemilu di Indonesia • Lisan
• Tertulis
Lembar penilaian
Produk Menjelaskan mengapa di negara kita diadakan pemilu!
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Situbondo, 14 april 2014
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas
AFIF AMROELLAH,S.pd WINDA NOVELASARI,S.pd
NIP: NIP:
(RPP)
Nama Sekolah : SDN Puncak 2
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : VI (Enam)
Semester : I (Satu)
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
A. Standar Kompetensi
Memahami sistem pemerintahan Republik Indonesia.
B. Kompetensi Dasar
Menjelaskan proses Pemilu dan Pilkada.
C. Indikator
1. Menceritakan proses pemilu di Indonesia.
2. Menyebutkan arti dan asas pemilihan umum di Indonesia.
3. Menyebutkan tahun-tahun pemilihan umum di Indonesia.
D. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu menceritakan proses pemilu di Indonesia.
2. Siswa mampu menyebutkan arti san asas pemilihan umum di Indonesia.
3. Siswa mampu menyebutkan tahun-tahun pemilihan umum di Indonesia.
E. Materi Ajar
Pelaksanaan dan Pemilihan Pemilu
F. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya jawab.
4. Penugasan.
G. Langkah-langkah Kegiatan
1. Kegiatan Awal
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
Guru mengabsen siswa.
Memberitahu materiyang akan diajarkan hari ini.
2. Kegiatan Inti
Guru menjelaskan tentang tujuan diadakan pemilu
Guru menanyakan pada siswa mengenai arti dan asas Pemilu
Guru menyuruh siswa untuk menyebutkan tahun-tahun pemilihan umum di Indonesia
Guru memberikan tugas pada siswa
Guru dan siswa membahas soal yang telah dikerjakan
3. Kegiatan Penutup
Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar.
Memberikan pekerjaan rumah (PR)
Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
H. Sumber/Bahan Belajar
a. Power Point
b. Gambar/foto Pemilu.
c. Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 6 , terbitan BSE (Buku Sekolah Elektronik).
I. Penilaian
Indikator Pencapaian Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
Memahami tujuan pemilihan pemilu di Indonesia • Lisan
• Tertulis
Lembar penilaian
Produk Menjelaskan mengapa di negara kita diadakan pemilu!
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Situbondo, 14 april 2014
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas
AFIF AMROELLAH,S.pd WINDA NOVELASARI,S.pd
NIP: NIP:
0 komentar: