Stay in touch
Subscribe to our RSS!
Oh c'mon
Bookmark us!
Have a question?
Get an answer!

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Bahasa Indonesia "BERBICARA" Kelas IV Semester 2

0 komentar
Sekolah :..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester: IV / 2
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit

A. STANDAR KOMPETENSI:
2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan infomasi dengan bertelepon.

B. KOMPETENSI DASAR:
2.2 Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon.

C. TUJUAN PEMBELAJARAN**:
 Siswa dapat menyampaikan pesan penelepon sesuai dengan yang diterima.
 Siswa dapat memperagakan percakapan bertelepon
 Siswa dapat mencatat pesan penelepon

D. MATERI:
 Pesan telepon

E. METODE PEMBELAJARAN:
 Penugasan, bermain peran, latihan

F. KEGIATAN PEMBELAJARAN:
 Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
- Guru menjelaskan manfaat pesawat telepon dalam kehidupan sehari-hari.
 Inti
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
 Siswa dapat menyampaikan pesan penelepon sesuai dengan yang diterima.
 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
 Guru meminta dua orang siswa memerankan percakapan bertelepon yang telah dijelaskan oleh guru sesuai dengan peran tokoh masing-masing.
 Dua orang siswa memerankan tokoh yang ada dalam percakapan.

 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
 Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
 Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
 Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
 Siswa diberi tugas bersama teman sebangkunya untuk bertelepon di telepon umum, telepon rumah, wartel, atau bermain peran menggunakan percakapan bertelepon berisi pesan yang dibuat sendiri.
G. ALAT DAN SUMBER:
 Buku Bina Bahasa Indonesia kelas 4

H. PENILAIAN:
Indikator Pencapaian Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
• Mencatat pesan penelepon
• Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon Teknik non tes:
Perbuatan
Bentuk :
Unjuk kerja
Instrumen:
Kinerja dan lembar penilai
an unjuk kerja • Peragakanlah percakapan berte-lepon!

 Penampilan perwakilan kelompok menjelaskan secara lisan cara membaca denah yang benar
Aspek Penilaian Nilai Keterangan
1. Kejelasan ucapan
2. Kewajaran intonasi
3. Keberanian

 Penjelasan siswa tentang denah perjalanannya dari sekolah ke rumahnya.
Aspek Penilaian Nilai Keterangan
1. Kejelasan ucapan
2. Kewajaran intonasi
3. Keberanian


FORMAT KRITERIA PENILAIAN
 PRODUK ( HASIL DISKUSI )
No. Aspek Kriteria Skor
1. Konsep * semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah 4
3
2
1

 PERFORMANSI
No. Aspek Kriteria Skor
1.



2.



3. Pengetahuan



Praktek



Sikap * Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap 4
2
1

4
2
1

4
2
1

LEMBAR PENILAIAN
No Nama Siswa Performan Produk Jumlah
Skor Nilai
Pengetahuan Praktek Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.

CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
 Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas IV



.................................. ..................................
NIP : NIP :

0 komentar: