RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Bahasa Indonesia "BERBICARA" Kelas IV Semester 2
Sekolah :..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester: IV / 2
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
A. STANDAR KOMPETENSI:
2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan infomasi dengan bertelepon.
B. KOMPETENSI DASAR:
2.2 Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN**:
Siswa dapat menyampaikan pesan penelepon sesuai dengan yang diterima.
Siswa dapat memperagakan percakapan bertelepon
Siswa dapat mencatat pesan penelepon
D. MATERI:
Pesan telepon
E. METODE PEMBELAJARAN:
Penugasan, bermain peran, latihan
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN:
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
- Guru menjelaskan manfaat pesawat telepon dalam kehidupan sehari-hari.
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Siswa dapat menyampaikan pesan penelepon sesuai dengan yang diterima.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Guru meminta dua orang siswa memerankan percakapan bertelepon yang telah dijelaskan oleh guru sesuai dengan peran tokoh masing-masing.
Dua orang siswa memerankan tokoh yang ada dalam percakapan.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
Siswa diberi tugas bersama teman sebangkunya untuk bertelepon di telepon umum, telepon rumah, wartel, atau bermain peran menggunakan percakapan bertelepon berisi pesan yang dibuat sendiri.
G. ALAT DAN SUMBER:
Buku Bina Bahasa Indonesia kelas 4
H. PENILAIAN:
Indikator Pencapaian Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
• Mencatat pesan penelepon
• Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon Teknik non tes:
Perbuatan
Bentuk :
Unjuk kerja
Instrumen:
Kinerja dan lembar penilai
an unjuk kerja • Peragakanlah percakapan berte-lepon!
Penampilan perwakilan kelompok menjelaskan secara lisan cara membaca denah yang benar
Aspek Penilaian Nilai Keterangan
1. Kejelasan ucapan
2. Kewajaran intonasi
3. Keberanian
Penjelasan siswa tentang denah perjalanannya dari sekolah ke rumahnya.
Aspek Penilaian Nilai Keterangan
1. Kejelasan ucapan
2. Kewajaran intonasi
3. Keberanian
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
PRODUK ( HASIL DISKUSI )
No. Aspek Kriteria Skor
1. Konsep * semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah 4
3
2
1
PERFORMANSI
No. Aspek Kriteria Skor
1.
2.
3. Pengetahuan
Praktek
Sikap * Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap 4
2
1
4
2
1
4
2
1
LEMBAR PENILAIAN
No Nama Siswa Performan Produk Jumlah
Skor Nilai
Pengetahuan Praktek Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas IV
.................................. ..................................
NIP : NIP :
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester: IV / 2
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
A. STANDAR KOMPETENSI:
2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan infomasi dengan bertelepon.
B. KOMPETENSI DASAR:
2.2 Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN**:
Siswa dapat menyampaikan pesan penelepon sesuai dengan yang diterima.
Siswa dapat memperagakan percakapan bertelepon
Siswa dapat mencatat pesan penelepon
D. MATERI:
Pesan telepon
E. METODE PEMBELAJARAN:
Penugasan, bermain peran, latihan
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN:
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
- Guru menjelaskan manfaat pesawat telepon dalam kehidupan sehari-hari.
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Siswa dapat menyampaikan pesan penelepon sesuai dengan yang diterima.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Guru meminta dua orang siswa memerankan percakapan bertelepon yang telah dijelaskan oleh guru sesuai dengan peran tokoh masing-masing.
Dua orang siswa memerankan tokoh yang ada dalam percakapan.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
Siswa diberi tugas bersama teman sebangkunya untuk bertelepon di telepon umum, telepon rumah, wartel, atau bermain peran menggunakan percakapan bertelepon berisi pesan yang dibuat sendiri.
G. ALAT DAN SUMBER:
Buku Bina Bahasa Indonesia kelas 4
H. PENILAIAN:
Indikator Pencapaian Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
• Mencatat pesan penelepon
• Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon Teknik non tes:
Perbuatan
Bentuk :
Unjuk kerja
Instrumen:
Kinerja dan lembar penilai
an unjuk kerja • Peragakanlah percakapan berte-lepon!
Penampilan perwakilan kelompok menjelaskan secara lisan cara membaca denah yang benar
Aspek Penilaian Nilai Keterangan
1. Kejelasan ucapan
2. Kewajaran intonasi
3. Keberanian
Penjelasan siswa tentang denah perjalanannya dari sekolah ke rumahnya.
Aspek Penilaian Nilai Keterangan
1. Kejelasan ucapan
2. Kewajaran intonasi
3. Keberanian
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
PRODUK ( HASIL DISKUSI )
No. Aspek Kriteria Skor
1. Konsep * semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah 4
3
2
1
PERFORMANSI
No. Aspek Kriteria Skor
1.
2.
3. Pengetahuan
Praktek
Sikap * Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap 4
2
1
4
2
1
4
2
1
LEMBAR PENILAIAN
No Nama Siswa Performan Produk Jumlah
Skor Nilai
Pengetahuan Praktek Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas IV
.................................. ..................................
NIP : NIP :
0 komentar: