Stay in touch
Subscribe to our RSS!
Oh c'mon
Bookmark us!
Have a question?
Get an answer!

RPP Bahasa Inggris Kelas 5 SD

2 komentar
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SD Islam Al- Abror
Mata Pelajaran : Bahasa Inggtis
Kelas / Semester : 5 ( lima) / 1 ( satu)
Materi Pokok : My Classmate
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Pertemuan ke : Ke - 1
Tgl Pelaksanaan : 25 Juli 2016 ( Kelas 5A, 5B, 5C dan 5D)


A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat memperkenalakan orang lain dengan menyebut namanya dengan benar
2. Siswa dapat bertanya jawab tentang kelas
3. Siswa dapat merespon intruksi sangat sederhana dengan tindakan

B. Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah.
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah.
1.1. Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam konteks kelas dan sekolah.
1.2. Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal.
2.1. Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang
melibatkan tindak tutur: mengenalkan diri.


C. Materi Pembelajaran
Menjelaskan cara memperkenalkan diri pada teman baru seperti contoh: Hai Willy. This is Queena. She’s a new student in our school. Hai Queena nice to meet you. Menjelaskan bagian-bagian ruangan yang ada di sekolah serta letak nya seperti contoh the library is in front of the class room

D. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Scientific
2. Ceramah, Tanya Jawab dan Penugasan

E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku teks Grow With English, Erlangga.
2. Papan Tulis.

F. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Proses Pembelajaran Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan 1. Guru mengucapkan salam, menyapa siswa dan mendata kehadiran siswa.
2. Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
3. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
4. Guru melakukan apersepsi dengan melakukan Tanya jawab, mengulas kembali materi yang telah di sampaikan, dan kegiatan lainnya.




10 menit
Kegiatan Inti 1. Siswa mengamati teks percakapan yang ada di buku.
2. Guru menjelaskan bagaimana cara memperkenalkan diri dengan teman baru seperti contoh: Hi, Danang. This is Candra. He’s a new student in our school.
3. Guru menunjuk salah satu siswa untuk memperkenalkan diri di depan kelas.
4. Secara bergantian siswa memperkenalkan diri di depan kelas.
5. Guru menjelaskan membuat kalimat Tanya yang menanyakan tentang kelas seperti contoh: Is he in grade three?.
6. Siswa dapat menjawab dengan kalimat Yes,he is.
7. Guru menugaskan siswa untuk mempraktekan bertanya seputar kelas.
8. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalah pahaman, memberikan penguatan dan kesimpulan.



50 menit
Kegiatan Penutup 1. Guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran hari ini. Guru menstimulus pertanyaan kepada siswa:
a. Guru memberi pertanyaan Is She grade six?
Semua siswa menjawab pertanyaan tersebut.
2. Kegiatan kelas diakhiri dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dankepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.

10 menit

G. Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Teknik Penilaian
Tes Lisan dan Tes Tulis
2. Instrumen Penilaian
Tes Lisan: Menyebutkan kata Clean the board, Make a line


Refleksi:


Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bhs. Inggris.











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SD Islam Al- Abror
Mata Pelajaran : Bahasa Inggtis
Kelas / Semester : 5 ( lima) / 1 ( satu)
Materi Pokok : My Classmate
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Pertemuan ke : Ke - 2
Tgl Pelaksanaan : 1 Agustus 2017 ( Kelas 5A, 5B, 5C dan 5D)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat memperkenalkan orang lain dengan menyebut namanya dengan benar
2. Siswa dapat menyebutkan bagian-bagian ruangan yang ada di sekolah.
3. Siswa dapat merespon intruksi sangat sederhana dengan tindakan

B. Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Memahami tulisan bahasa Inggris bergambar sangat sederhana dalam konteks sekolah.
2. Memahami instruksi sangat sederhana dalam konteks sekolah.
3. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah.
4. Menyalin kalimat sangat sederhana dalam konteks sekolah.
1.1. Membaca nyaring dengan ucapan, tekanan, dan intonasi secara tepat dan berterima yang melibatkan kalimat sangat sederhana.
1.2. Memahami kalimat bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima.
2.1. Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal.
2.2 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi petunjuk.
2.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengajak.
4.1. Menyalin dan menulis kalimat sederhana secara tepat dan berterima.

C. Materi Pembelajaran
Menjelaskan tentang lokasi suatu tempat dengan menggunakan tata letak. Seperti contoh: The headmaster room is beside the computer room. Menyebutkan bagian-bagian ruangan yang ada di sekolah dengan menggunakan bahasa inggris.

D. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific
2. Metode: Ceramah, Tanya Jawab dan Penugasan

E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku teks Grow With English, Erlangga.
2. Papan Tulis.
F. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Proses Pembelajaran Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan 1. Guru mengucapkan salam, menyapa siswa dan mendata kehadiran siswa.
2. Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.


3. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
4. Guru melakukan apersepsi dengan melakukan Tanya jawab, mengulas kembali materi yang telah di sampaikan, dan kegiatan lainnya.
10 menit
Kegiatan Inti 1. Guru mengingatkan siswa tentang memperkenalkan diri di depan kelas ( telah dibahas di pertemuan sebelumnya).
2. Guru menjelaskan bagian – bagian yang ada di dalam sekolah serta tata letaknya.
3. Siswa menyebutkan bagian-bagian yang ada di dalam sekolah seperti contoh: teacher room, head master room, library room dan lain-lainnya.
4. Guru menjelaskan tata letak ruangan yang ada di sekolah contoh: the library room is in front of the classroom.
5. Guru meminta siswa untuk membuat kalimat menggunakan kata hubung preposition.
6. Siswa mengamati dan membaca contoh setiap kalimat yang ada di halaman 6-7.
7. Guru meminta siswa mengerjakan tugas yang ada di halaman 8.
8. Guru bersama siswa membahas bersama-sama tugas yang telah dikerjakan.
9. Guru memberikan tugas rumah dengan mengerjakan halaman 10.
10. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalah pahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan materi.



50 menit
Kegiatan Penutup 1. Guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran hari ini. Guru menstimulus pertanyaan kepada siswa:
Where is the classroom?
Semua siswa menjawab pertanyaan tersebut.
2. Kegiatan kelas diakhiri dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dankepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.

10 menit

G. Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Teknik Penilaian
Tes Lisan dan Tes Tulis
2. Instrumen Penilaian
Tes Lisan: Menyebutkan kata This is the library, This is the canteen
Tes Tertulis: Mengerjakan tugas halaman 8- 10

Refleksi:

Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bhs. Inggris.





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SD Islam Al- Abror
Mata Pelajaran : Bahasa Inggtis
Kelas / Semester : 5 ( lima) / 1 ( satu)
Materi Pokok : My Classmate
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Pertemuan ke : Ke - 3
Tgl Pelaksanaan : 8 Agustus 2017 ( Kelas 5A, 5B, 5C dan 5D)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyebutkan nama-nama benda yang biasa ditemukan di sekolah.
2. Siswa dapat meminta dan/atau memberi ijin untuk meminjam sesuatu.

B. Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Memahami tulisan bahasa Inggris bergambar sangat sederhana dalam konteks sekolah.
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah.
1.1. Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal.
2.1 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengajak.


C. Materi Pembelajaran
Menjelaskan tentang memberi ijin untuk meminjam sesuatu seperti contoh May I borrow these dictionary, please? Sure. Write your name.

D. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific
2. Metode: Ceramah, Tanya Jawab dan Penugasan

E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku teks Grow With English, Erlangga.
2. Papan Tulis.

F. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Proses Pembelajaran Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan 1. Guru mengucapkan salam, menyapa siswa dan mendata kehadiran siswa.
2. Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
3. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
4. Guru melakukan apersepsi dengan melakukan Tanya jawab, mengulas kembali materi yang telah di sampaikan, dan kegiatan lainnya.


10 menit
Kegiatan Inti 1. Guru menjelaskan cara meninta ijin meminjam sesuatu kepada seseorang.
2. Guru menjelaskan benda- benda yang ada di sekitar sekitar kelas seperti contoh: a pencil, a book, a ruler dan an eraser.
3. Setelah guru menjelaskan, siswa diminta untuk mengulang kembali.
4. Guru menjelaskan cara membuat kalimat tanya yang terdapat pada halaman 14.
5. Guru meminta salah satu siswa untuk memberikan contoh membuat kalimat meminta ijin meminjam sesuatu seperti contoh: May I borrow your book, please?
6. Guru memberi tugas mengerjakan halaman 14.
7. Guru meminta siswa untuk berpasangan melakukan praktek percakapan di depan kelas dengan soal yang terdapat di buku.
8. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalah pahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan materi.



50 menit
Kegiatan Penutup 1. Guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran hari ini. Guru menstimulus pertanyaan kepada siswa:
Can I borrow the Glue, please?
Semua siswa menjawab pertanyaan tersebut.
2. Kegiatan kelas diakhiri dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dankepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.

10 menit

G. Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Teknik Penilaian
Tes Lisan dan Tes Tulis
2. Instrumen Penilaian
Tes Lisan: Menyebutkan benda-benda yang ada di sekitar kelas. Seperti contoh a Comics
Tes Tertulis: Mengerjakan tugas halaman 14.

Refleksi:



Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bhs. Inggris.






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SD Islam Al- Abror
Mata Pelajaran : Bahasa Inggtis
Kelas / Semester : 5 ( lima) / 1 ( satu)
Materi Pokok : My Classmate
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Pertemuan ke : Ke - 4
Tgl Pelaksanaan : 15 Agustus 2016 ( Kelas 5A, 5B, 5C, dan 5D)


A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengisi formulir dengan data-data pribadi mereka masing-masing

B. Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Memahami tulisan bahasa Inggris bergambar sangat sederhana dalam konteks sekolah.
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah.
1.1. Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal.
2.1 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengajak.


C. Materi Pembelajaran
Menjelaskan tentang mengisi formulir data-data pribadi mereka masing-masing seperti contoh: Fill in this form, please? All right.

D. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific
2. Metode: Ceramah, Tanya Jawab dan Penugasan

E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku teks Grow With English, Erlangga.
2. Papan Tulis.

F. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Proses Pembelajaran Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan 1. Guru mengucapkan salam, menyapa siswa dan mendata kehadiran siswa.
2. Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
3. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
4. Guru melakukan apersepsi dengan melakukan Tanya jawab, mengulas kembali materi yang telah di sampaikan, dan kegiatan lainnya.


10 menit
Kegiatan Inti 1. Guru menjelaskan cara mengisi formulir perpustakaan.
2. Guru membacakan teks percakapan yang ada di buku.
3. Siswa mengulang kembali teks percakapan yang ada di buku halaman 15.
4. Guru dan siswa mengamati contoh kartu perpustakaan yang ada di buku paket.
5. Guru meminta siswa untuk menjawab pertanyaan yang ada di buku.
6. Siswa mengerjakan tugas yang ada di halaman 16 dengan cara mencocokan pertanyaan dengan jawaban yang ada di samping soal.
7. Guru bersama siswa membahas bersama-sama tugas yang telah dilakukan.
8. Siwa mengisi formulir kosong dengan petunjuk data diri masing-masing siswa.
9. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalah pahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan materi.


50 menit
Kegiatan Penutup 1. Guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran hari ini. Guru menstimulus pertanyaan kepada siswa:
Can I see your library card?
Semua siswa menjawab pertanyaan tersebut.
2. Kegiatan kelas diakhiri dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dankepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.


10 menit

G. Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Teknik Penilaian
Tes Lisan dan Tes Tulis
2. Instrumen Penilaian
Tes Lisan: Menyebutkan bagian-bagian yang ada pada formulir.
Tes Tertulis: Mengerjakan tugas halaman 16.

Refleksi:



Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bhs. Inggris.









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SD Islam Al- Abror
Mata Pelajaran : Bahasa Inggtis
Kelas / Semester : 5 ( lima) / 1 ( satu)
Materi Pokok : Happy birthday, Seta !
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Pertemuan ke : Ke - 5
Tgl Pelaksanaan : 22 Agustus 2016 ( Kelas 5A, 5B, 5C, dan 5C)


A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan.
2. Siswa dapat memberikan pendapat.
3. Siswa dapat membuat undangan ulang tahun.

B. Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah.




2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah.


3. Memahami tulisan bahasa Inggris dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekolah.

4. Mengeja dan menyalin kalimat sangat sederhana dalam konteks sekolah. 1.1 Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam konteks kelas dan sekolah.
2.1 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas.

2.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi petunjuk.

3.1 Memahami kalimat, pesan tertulis dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima.

4.1 Menyalin dan menulis kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima seperti: ucapan selamat, ucapan terima kasih, dan undangan

C. Materi Pembelajaran
Pokok-pokok pembicaraan :
a. Open the door.
b. What do you think of the house?
Jawaban :
a. Siswa membuka sesuai dengan perintah narasumber.
b. I think it’s a lovely room.

D. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific
2. Metode : Ceramah, Tanya Jawab dan Penugasan

E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku teks Grow With English, Erlangga.
2. Papan Tulis.





F. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Proses Pembelajaran Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan 1. Guru mengucapkan salam, menyapa siswa dan mendata kehadiran siswa.
2. Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
3. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
4. Guru melakukan apersepsi dengan melakukan Tanya jawab, mengulas kembali materi yang telah di sampaikan, dan kegiatan lainnya.


10 menit
Kegiatan Inti 1. Guru tanya jawab seputar materi keadaan sekolah.
2. Guru membacakan intruksi dan siswa merespon.
3. Guru membaca teks percakapan dan siswa mengikuti.
4. Siswa berlatih secara berpasangan di depan kelas.
5. Guru meminta salah satu siswa untuk membacakan undangan ulang tahun.
6. Siswa mengerjakan tugas yang ada di buku.
7. Guru bersama siswa membahas bersama-sama.
8. Guru menugasakan siswa untuk membuat surat undangan ulang tahun.


50 menit
Kegiatan Penutup 1. Guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran hari ini. Guru menstimulus pertanyaan kepada siswa:
What do you think of this house?
Semua siswa menjawab pertanyaan tersebut.
2. Kegiatan kelas diakhiri dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dankepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.


10 menit

G. Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Teknik Penilaian
Tes Lisan dan Tes Tulis
2. Instrumen Penilaian
Tes Lisan: Menyebutkan keadaan suatu ruangan.
Tes Tertulis: Mengerjakan tugas halaman 28.

Refleksi:



Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bhs. Inggris.






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SD Islam Al- Abror
Mata Pelajaran : Bahasa Inggtis
Kelas / Semester : 5 ( lima) / 1 ( satu)
Materi Pokok : Happy birthday, Seta !
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Pertemuan ke : Ke - 6
Tgl Pelaksanaan : 29 Agustus 2016 ( Kelas 5A dan 5B)
30 Agustus 2016 ( Kelas 5C dan 5D)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyebutkan tempat-tempat yang dapat ditemukan di rumah.
2. Siswa dapat memberikan petunjuk lokasi tempat.
3. Siswa dapat membuat kartu ucapan ulang tahun.

B. Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah.

2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah.


3. Memahami tulisan bahasa Inggris dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekolah.

4. Mengeja dan menyalin kalimat sangat sederhana dalam konteks sekolah. 1.2. Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas.

2.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi petunjuk.

3.1 Memahami kalimat, pesan tertulis dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima.

4.1 Menyalin dan menulis kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima seperti: ucapan selamat, ucapan terima kasih, dan undangan

C. Materi Pembelajaran
Pokok-pokok pembicaraan :
a.Where’s the kitchen?

Jawaban :
a. It’s downstairs, next to the dining room.

D. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific
2. Metode : Ceramah, Tanya Jawab dan Penugasan

E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku teks Grow With English, Erlangga.
2. Papan Tulis.

F. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Proses Pembelajaran Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan 1. Guru mengucapkan salam, menyapa siswa dan mendata kehadiran siswa.
2. Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
3. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
4. Guru melakukan apersepsi dengan melakukan Tanya jawab, mengulas kembali materi yang telah di sampaikan, dan kegiatan lainnya.


10 menit
Kegiatan Inti 1. Guru menjelaskan bagian-bagian yang ada di rumah.
2. Guru membacakan teks percakapan yang ada di buku.
3. Siswa mendengarkan dan mengulangi.
4. Siswa mengamati denah rumah Seta.
5. Siswa mengerjakan tugas yang ada di buku dengan mengamati denah rumah seta dengan pernyataan true and false.
6. Guru memberikan contoh kalimat tanya menanyakan letak dengan menggunakan kata where.
7. Siswa mencari kata yang tersembunyi dari tabel kosakata yang ada.
8. Guru membacakan kartu undangan ulang tahun.
9. Siswa menugaskan siswa untuk membuat kartu undangan ulang tahun yang ada di buku.


50 menit
Kegiatan Penutup 1. Guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran hari ini. Guru menstimulus pertanyaan kepada siswa:
Where is the kitchen?
Semua siswa menjawab pertanyaan tersebut.
2. Kegiatan kelas diakhiri dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dankepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.


10 menit

G. Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Teknik Penilaian
Tes Lisan dan Tes Tulis
2. Instrumen Penilaian
Tes Lisan: Menyebutkan ruangan yang ada di rumah.
Tes Tertulis: Mengerjakan tugas halaman 32.
Refleksi:

Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bhs. Inggris.







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SD Islam Al- Abror
Mata Pelajaran : Bahasa Inggtis
Kelas / Semester : 5 ( lima) / 1 ( satu)
Materi Pokok : Happy birthday, Seta !
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Pertemuan ke : Ke - 7
Tgl Pelaksanaan : 26 September 2016 ( Kelas 5A dan 5B)
27 September 2016 ( Kelas 5C dan 5D)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat memberi contoh melakukan sesuatu.
2. Siswa dapat meminta ijin dan memberi ijin.

B. Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah.

2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah.







1.1 Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam konteks kelas dan sekolah.

2.1 Bercakap cakap untuk meminta/
memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengenalkan diri.
2.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengenalkan diri, mengajak, meminta ijin, memberi ijin, menyetujui, tidak menyetujui, dan melarang.

C. Materi Pembelajaran
Pokok-pokok pembicaraan:
a. May I have some drink, please?
b. Can you show me how to open this can?

Jawaban:
a. Sure. Here you are.
b. Look at me. It’s like this.

D. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific
2. Metode : Ceramah, Tanya Jawab dan Penugasan

E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku teks Grow With English, Erlangga.
2. Papan Tulis.

F. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Proses Pembelajaran Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan 1. Guru mengucapkan salam, menyapa siswa dan mendata kehadiran siswa.
2. Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
3. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
4. Guru melakukan apersepsi dengan melakukan Tanya jawab, mengulas kembali materi yang telah di sampaikan, dan kegiatan lainnya.


10 menit
Kegiatan Inti 1. Guru membacakan teks percakapan yang ada di buku.
2. Siswa mendengarkann dan merespon.
3. Guru menjelaskan cara meminta ijin meminjam sesuatu.
4. Guru membacakan teks percakapan yang ada lalu siswa merespon.
5. Siswa secara berpasangan menirukan teks dialaog yang ada di buku dengan contoh soal yang ada di buku secara berpasangan.
6. Guru mengamati kosakata dialog yang diucapkan oleh siswa.


50 menit
Kegiatan Penutup 1. Guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran hari ini. Guru menstimulus pertanyaan kepada siswa:
Excuse me.May I read this magazine, please ?
Semua siswa menjawab pertanyaan tersebut.
2. Kegiatan kelas diakhiri dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dankepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.


10 menit

G. Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Teknik Penilaian
Tes Lisan dan Tes Tulis
2. Instrumen Penilaian
Tes Lisan: Menyebutkan ruangan yang ada di rumah.
Tes Tertulis: Mengerjakan tugas halaman 32.
Refleksi:

Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bhs. Inggris.








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SD Islam Al- Abror
Mata Pelajaran : Bahasa Inggtis
Kelas / Semester : 5 ( lima) / 1 ( satu)
Materi Pokok : Happy birthday, Seta !
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Pertemuan ke : Ke - 8
Tgl Pelaksanaan : 3 Oktober 2016 ( Kelas 5A dan 5B)
4 Oktober 2016 ( Kelas 5C dan 5D)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyebutkan angka-angka dalam bahasa Inggris.
2. Siswa dapat memberikan informasi tentang alamat.
3. Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan.
4. Siswa dapat memberikan pendapat (setuju/tidak setuju) tentang pekerjaan.
5. Siswa dapat memahami teks deskriptif.

B. Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah.

2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah.









3. Memahami tulisan bahasa Inggris dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekolah. 1.2 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas.

2.1 Bercakap cakap untuk meminta/
memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengenalkan diri.
2.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengenalkan diri, mengajak, meminta ijin, memberi ijin, menyetujui, tidak menyetujui, dan melarang.

3.1 Memahami kalimat, pesan tertulis dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima.

C. Materi Pembelajaran
Pokok-pokok pembicaraan:
a. Nice to meet you, Mrs. Nita
b. Do you live near here?
c. Where do you live, Nina?
d. What does your mother do, Seta?
e. A dentist is a job for men.
f. Is your father a doctor, Doni?

Jawaban:
a. Nice to meet you too, Made.
b. No. I live at Jalan Sudirman number 25.
c.I live at Jalan Sentani number 27.
d. She’s a dentist..
e. I don’t think so. Women can be dentists, too.
f.No, he’s a farmer.


D. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific
2. Metode : Ceramah, Tanya Jawab dan Penugasan

E. Sumber dan Media Pembelajaran
3. Buku teks Grow With English, Erlangga.
1. Papan Tulis.

F. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Proses Pembelajaran Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan 1. Guru mengucapkan salam, menyapa siswa dan mendata kehadiran siswa.
2. Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
3. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
4. Guru melakukan apersepsi dengan melakukan Tanya jawab, mengulas kembali materi yang telah di sampaikan, dan kegiatan lainnya.


10 menit
Kegiatan Inti 1. Guru membacakan teks percakapan yang ada di buku.
2. Guru menjelaskan angka-angka dalam bahasa inggris.
3. Guru memia siswa untuk menyebutkan angka dalam bahasa inggris.
4. Guru meminta siswa untuk menyebutkan masing-masing alamat rumah siswa.
5. Guru meminta siswa untuk mendata alamat siswa dengan teman sekolompok.
6. Guru bertanya jawab seputar pekerjaan orang tua.
7. Guru membacakan teks percakapan dan siswa mendengarkan.
8. Siswa membaca kalimat-kalimat sederhana terkait dengan pekerjaan.
9. Siswa mengerjakan soal latihan yang ada di buku.
10. Guru meminta siswa untuk mendata setiap pekerjaan orang tua dengan teman sekelompok.
11. Guru meminta siswa untuk membaca teks deskriptif.


50 menit
Kegiatan Penutup 1. Guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran hari ini. Guru menstimulus pertanyaan kepada siswa:
Where do you live?
Semua siswa menjawab pertanyaan tersebut.
2. Kegiatan kelas diakhiri dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dankepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.


10 menit

G. Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Teknik Penilaian
Tes Lisan dan Tes Tulis
2. Instrumen Penilaian
Tes Lisan: Menyebutkan ruangan yang ada di rumah.
Tes Tertulis: Mengerjakan tugas halaman 32.


Refleksi:

Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bhs. Inggris.










































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SD Islam Al- Abror
Mata Pelajaran : Bahasa Inggtis
Kelas / Semester : 5 ( lima) / 1 ( satu)
Materi Pokok : Happy birthday, Seta !
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Pertemuan ke : Ke - 8
Tgl Pelaksanaan : 10 Oktober 2016 ( Kelas 5A dan 5B)
11 Oktober 2016 ( Kelas 5C dan 5D)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Meminta dan memberi izin.
2. Mengajak seseorang untuk melakukan sesuatu dan memberikan jawabannya

B. Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah.
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah.
1.1 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas.
2.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengenalkan diri, mengajak, meminta ijin, memberi ijin, menyetujui, tidak menyetujui, dan melarang.
2.4. Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: Do you mind ... dan Shall we ... .

C. Materi Pembelajaran
Pokok-pokok pembicaraan:
a. Do you mind if I have the pizza now?
b. Shall we have lunch now?
c. Are you peeling a mango?
Jawaban:
a. Not at all.
b. Just a minute, please! I am setting the table at the moment.
c. Yes, I am./No, I’m not.

D. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific
2. Metode : Ceramah, Tanya Jawab dan Penugasan

E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku teks Grow With English, Erlangga.
2. Papan Tulis.

F. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Proses Pembelajaran Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan 1. Guru mengucapkan salam, menyapa siswa dan mendata kehadiran siswa.
2. Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
3. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
4. Guru melakukan apersepsi dengan melakukan Tanya jawab, mengulas kembali materi yang telah di sampaikan, dan kegiatan lainnya.


10 menit
Kegiatan Inti 1. Guru bertanya jawab bersama siswa seputar makanan yang diskukai.
2. Siswa membacakan teks percakapan yang ada di buku.
3. Guru menjelaskan penggunaan kata “thirsty” dan “hungry” dalam contoh teks percakapan.
4. Setelah guru menjelaskan, siswa meminta salah satu siswa untuk membacakan contoh soal yang ada di buku.
5. Guru meminta perwakilan setiap siswa untuk maju kedepan membacakan teks percakapan dengan soal yang ada di buku paket.
6. Setelah selesai, guru menjelaskan kosakata baru yang ada di dalam buku beserta artinya. Seperti contoh: cook, wash, peel, and fry.
7. Guru menunjuk salah satu siswa untuk membuat kalimat dari kosakata yang ada.
8. Guru meminta siswa untuk mengerjakan latihan soal yang ada di buku paket.
9. Siswa secara berpasangan membacakan latihan soal teks percakapan yang telah di kerjakan.
10. Guru bersama siswa bersama-sama membacakan kosakata baru dengan artinya.


50 menit
Kegiatan Penutup 1. Guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran hari ini. Guru menstimulus pertanyaan kepada siswa:
Do you mind if I have the pizza now?
Semua siswa menjawab pertanyaan tersebut.
2. Kegiatan kelas diakhiri dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.


10 menit

G. Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Teknik Penilaian
Tes Lisan dan Tes Tulis
2. Instrumen Penilaian
Tes Lisan: Menyebutkan kosakata seperti contoh cook, wash, fry, make and heat
Tes Tertulis: Mengerjakan tugas halaman 51.

Refleksi:

Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bhs. Inggris.












































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SD Islam Al- Abror
Mata Pelajaran : Bahasa Inggtis
Kelas / Semester : 5 ( lima) / 1 ( satu)
Materi Pokok : Happy birthday, Seta !
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Pertemuan ke : Ke - 9
Tgl Pelaksanaan : 17 Oktober 2016 ( Kelas 5A dan 5B)
18 Oktober 2016 ( Kelas 5C dan 5D)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat memberi contoh melakukan sesuatu.
2. Siswa dapat meminta ijin dan memberi ijin.

B. Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah.

2.Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah.


1.1 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai intruksi secara berterima dalam konteks kelas.
2.1 Bercakap-cakap untuk meminta/ memberi jasa/ barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang.
2.2 Bercakap-cakap untuk meminta/ memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengenalkan diri, mengajak, meminta ijin, memberi ijin, menyetujui, tidak menyetujui, dan melarang.

C. Materi Pembelajaran
Pokok -pokok pembicaraan :
a. Can you help me, Meilin?
b. What is it, Mom?
c. Do you need help?
d. How is it?

Jawaban:
a. Just a minute, Mom.
b. Cut the cake, please.
c.Yes. Peel the potatoes, please.
d.It’s like this.

D. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific
2. Metode : Ceramah, Tanya Jawab dan Penugasan

E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku teks Grow With English, Erlangga.
2. Papan Tulis.


F. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Proses Pembelajaran Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan 1. Guru mengucapkan salam, menyapa siswa dan mendata kehadiran siswa.
2. Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
3. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
4. Guru melakukan apersepsi dengan melakukan Tanya jawab, mengulas kembali materi yang telah di sampaikan, dan kegiatan lainnya.


10 menit
Kegiatan Inti 1. Guru bertanya jawab bersama siswa seputar makanan yang diskukai.
2. Siswa membacakan teks percakapan yang ada di buku.
3. Guru menjelaskan penggunaan kata “thirsty” dan “hungry” dalam contoh teks percakapan.
4. Setelah guru menjelaskan, siswa meminta salah satu siswa untuk membacakan contoh soal yang ada di buku.
5. Guru meminta perwakilan setiap siswa untuk maju kedepan membacakan teks percakapan dengan soal yang ada di buku paket.
6. Setelah selesai, guru menjelaskan kosakata baru yang ada di dalam buku beserta artinya. Seperti contoh: cook, wash, peel, and fry.
7. Guru menunjuk salah satu siswa untuk membuat kalimat dari kosakata yang ada.
8. Guru meminta siswa untuk mengerjakan latihan soal yang ada di buku paket.
9. Siswa secara berpasangan membacakan latihan soal teks percakapan yang telah di kerjakan.
10. Guru bersama siswa bersama-sama membacakan kosakata baru dengan artinya.


50 menit
Kegiatan Penutup 1. Guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran hari ini. Guru menstimulus pertanyaan kepada siswa:
Do you mind if I have the pizza now?
Semua siswa menjawab pertanyaan tersebut.
2. Kegiatan kelas diakhiri dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.


10 menit

G. Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Teknik Penilaian
Tes Lisan dan Tes Tulis
2. Instrumen Penilaian
Tes Lisan: Menyebutkan kosakata seperti contoh cook, wash, fry, make and heat
Tes Tertulis: Mengerjakan tugas halaman 51.

Refleksi:

Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bhs. Inggris.



































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SD Islam Al- Abror
Mata Pelajaran : Bahasa Inggtis
Kelas / Semester : 5 ( lima) / 1 ( satu)
Materi Pokok : Happy birthday, Seta !
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Pertemuan ke : Ke - 9
Tgl Pelaksanaan : 24 Oktober 2016 ( Kelas 5A dan 5B)
25 Oktober 2016 ( Kelas 5C dan 5D)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat memberi contoh melakukan sesuatu.
2. Siswa dapat meminta ijin dan memberi ijin.

B. Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
2. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah.

2.Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah.


1.1 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai intruksi secara berterima dalam konteks kelas.
2.1 Bercakap-cakap untuk meminta/ memberi jasa/ barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang.
2.2 Bercakap-cakap untuk meminta/ memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengenalkan diri, mengajak, meminta ijin, memberi ijin, menyetujui, tidak menyetujui, dan melarang.

C. Materi Pembelajaran
Pokok -pokok pembicaraan :
a. Can you help me, Meilin?
b. What is it, Mom?
c. Do you need help?
d. How is it?

Jawaban:
a. Just a minute, Mom.
b. Cut the cake, please.
c.Yes. Peel the potatoes, please.
d.It’s like this.

D. Metode Pembelajaran
3. Pendekatan : Scientific
4. Metode : Ceramah, Tanya Jawab dan Penugasan

E. Sumber dan Media Pembelajaran
2. Buku teks Grow With English, Erlangga.
3. Papan Tulis.

F. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Proses Pembelajaran Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan 5. Guru mengucapkan salam, menyapa siswa dan mendata kehadiran siswa.
6. Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
7. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
8. Guru melakukan apersepsi dengan melakukan Tanya jawab, mengulas kembali materi yang telah di sampaikan, dan kegiatan lainnya.


10 menit
Kegiatan Inti 11. Guru bertanya jawab bersama siswa seputar makanan yang diskukai.
12. Siswa membacakan teks percakapan yang ada di buku.
13. Guru menjelaskan penggunaan kata “thirsty” dan “hungry” dalam contoh teks percakapan.
14. Setelah guru menjelaskan, siswa meminta salah satu siswa untuk membacakan contoh soal yang ada di buku.
15. Guru meminta perwakilan setiap siswa untuk maju kedepan membacakan teks percakapan dengan soal yang ada di buku paket.
16. Setelah selesai, guru menjelaskan kosakata baru yang ada di dalam buku beserta artinya. Seperti contoh: cook, wash, peel, and fry.
17. Guru menunjuk salah satu siswa untuk membuat kalimat dari kosakata yang ada.
18. Guru meminta siswa untuk mengerjakan latihan soal yang ada di buku paket.
19. Siswa secara berpasangan membacakan latihan soal teks percakapan yang telah di kerjakan.
20. Guru bersama siswa bersama-sama membacakan kosakata baru dengan artinya.


50 menit
Kegiatan Penutup 3. Guru mengajak siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran hari ini. Guru menstimulus pertanyaan kepada siswa:
Do you mind if I have the pizza now?
Semua siswa menjawab pertanyaan tersebut.
4. Kegiatan kelas diakhiri dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.


10 menit

G. Penilaian Hasil Pembelajaran
3. Teknik Penilaian
Tes Lisan dan Tes Tulis
4. Instrumen Penilaian
Tes Lisan: Menyebutkan kosakata seperti contoh cook, wash, fry, make and heat
Tes Tertulis: Mengerjakan tugas halaman 51.

Refleksi:

Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bhs. Inggris.







2 komentar: