Stay in touch
Subscribe to our RSS!
Oh c'mon
Bookmark us!
Have a question?
Get an answer!

Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum 2013

0 komentar
Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum 2013

1. Kekurangan Kurikulum 2013
• Kurikulum 2013 bertentangan dengan Undang – Undang Nomer 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional karena penekanan pengembangan kurikulum hanya berdasarkan pada orientasi pragmatis. Selain itu, kurikulum 2013 tidak didasarkan pada eveluasi dari pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Penddikan (KTSP) 2006 sehingga dalam pelaksanaannya bisa membingungkan guru dan pemangku pendidikan.
• Guru juga tidak pernah dilibatkan langsung dalam proses pengembangan kurikulum 2013. Pemerintah melihat seolah – olah guru dan siswa mempunyai kapasitas yang sama.
• Tidak adanya keseimbangan antara orientasi proses pembelajaran dan hasil dalam kurikulum 2013. Keseimbangan sulit dicapai karena kebijakan Ujian Nasional (UN) masih diberlakukan. UN hanya mendorong orientasi pendidikan pada hasil dan sama sekali tidak memperhatikan proses pembelajaran. Hal ini, berdampak pada dikesampingkannya mata pelajaran yang tidak di ujiankan dalam UN. Padahal , mata pelajaran Non – UN juga memberikan kontribusi besar untuk mewujudkan tujuan pendidikan.
• Pemerintah mengintegrasikan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk jenjang pendidikan dasar.
• Kurikulum ini membuat siswa tidak dapat memahami materi secara sistematis dan tidak terkonsep. Sistem tematik sesuai di terapkan pada anak kelas 1 ,2 dan 3 karena proses pemahamannya belum terkonsep akan unsur materi. Tapi bagi siswa kelas 4 , 5 dan 6 sudah mulai bepikir mempeta - petakan masalah. Dan sistem tematik akan membuat siswa ini menjadi samar dalam memahami konsep. Guru banyak yang beranggapan bahwa dengan kurikulum terbaru ini beliau tidak perlu menjelaskan materinya. Padahal kita tahu bahwa belajar matematika,fisika,dll tidak cukup hanya membaca saja.

2. Kelebihan Kurikulum 2013
• Sulit juga menyimpulkan kelebihan dari kurikulum 2013, mungkin yang menjadi kelebihan dari kurikulum 2013 adalah setiap anak atau siswa dituntut kreatif dan inovatif, selain itu ada juga yang namanya pengembangan karakter yang telah diintegrasikan kedalam semua program studi.
• Siswa harus aktif dan kreaktif
tak seperti kurikulum sebelumya materi di kurikulum terbaru ini lebih ke pemecahan masalah. Jadi siswa untuk aktif mencari informasi agar tidak ketinggalan materi pembelajaran.
• Penilaian didapat dari semua aspek
Pengambilan nilai siswa bukan hanya di dapat dari nilai ujianya saja tetapi juga di dapat dari nilai kesopanan,religi,praktek,sikap dan lain lain.

0 komentar: