Silabus Pembelajaran Matematika Kelas 5 Semester 2
Nama Sekolah : SDN Cantik
Mata Pelajaran : Matematika 5B
Kelas / Program : V (Kelas)
Semester : 2 (Dua)
Alokasi Waktu : 44x35 menit
Standart Kompetensi : 5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar
Materi pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber / bahan / alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya PECAHAN
Operasi penjumlahan dan pengurangan
Mengubah pecahan biasa menjadi persen dan sebalikya
Mengubah pecahan biasa menjadi desimal dan sebaliknya Memahami langkah pengubahan pecahan biasa menjadi persen dengan mengubah penyebutnya menjadi 100
Memahami langkah pengubahan pecahan biasa menjadi pecahan senilai yang memepunyai penyebut 10, 100, 1000
Memahami cara mengerjakan soal Mengubah pecahan biasa menjadi desimal
Mengubah pecahan biasa menjadi persen
Mengubah pecahan desimal menjadi pecahan biasa
Mengubah bentuk persen ke bentuk pecahan biasa Tugas Individu Laporan buku pekerjaan rumah 3/4 = 3x25/4x25 = 75/100 = 75%
80% = 8/100 = (80:20)/(100:20) = 4/5
6/5= 6x20/5x20 = 120/100 = 1,2 8 jp
Sumber: Buku Matematika 5B
Alat: Buku
Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan PECAHAN
Operasi penjumlahan dan pengurangan
Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pecahan Memahami contoh soal halaman 109
Mengerjakan latihan 7
Menjelaskan contoh soal halaman 109
Menyelesaikan saoal latihan 8
Menjumlahkan pecahan berpenyebut tidak sama
Menjumlahkan pecahan biasa dengan pecahan campuran
Menjumlahkan tiga pecahan berpenyebut tidak sama secara berturut-turut
Mengurangkan pecahan dari bilangan asli
Mengurangkan tiga pecahan berpenyebut tidak sama secara berturut-turut
Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pecahan
Tugas individu
Tugas kelompok Laporan buku pekerjaan rumah
Uraian Objektif 8-1/4= 32/4 - 1/4 = 31/4 = 7 3/4 8 jp
Sumber: Buku Matematika 5B
Alat: -
Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan PECAHAN
Operasi perkalian dan pembagian
Perkalian pecahan
Pembagian pecahan Mempelajari langkah pengerjaan contoh soal soal, yaitu tingkat pengerjaan operasi perkalian
pecahan biasa dengan pecahan biasa
pecahan biasa dengan pecahan campuran dan sebaliknya
pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya
pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya
perkalian pecahan campuran dengan persen
Menjelaskan langkah pengerjaan contoh soal soal, yaitu tingkat pengerjaan operasi pembagian yaitu pengurangan berulang sampai habis pada :
pecahan biasa dengan pecahan biasa
pecahan biasa dengan pecahan campuran dan sebaliknya
pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya
pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya
perkalian pecahan campuran dengan persen
Menghitung perkalian dan pembagian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan biasa
Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan campuran dan sebaliknya
Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya Tugas Individu
Tugas Kelompok Laporan pekerjaan rumah Menulis rumus
12 jp Sumber: Buku Matematika 5B
Alat: -
Menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala PECAHAN
Pecahan dan perbandingan
Mengenal arti pecahan sebagai perbandingan sebagian dengan keseluruhan
Operasi Hitung dengan menggunakan Perbandingan dan skala Mempelajari langkah pengerjaan soal halaman 119
Mempelajari perbandingan pada suhu Reamur(R) : Celcius(C) : Fahrenheit(F) = 4 : 5 (+ 32)
Memahami soal cerita mengenai perbandingan dan skala
Skala = jarak pada peta : jarak benda Mengenal perbandingan sebagian dari keseluruhan sebagai pecahan
Menghitung perbanding untuk mengukur suhu dan skala Tugas Individu
Tugas Kelompok
Ulangan harian
Laporan buku pekerjaan rumah Ada 3 buah lingkaran putih dari 5 lingkaran ditulis 3/5
Ada 2 buah lingkaran putih dari 5 lingkaran ditulis 2/5 10 jp Sumber:
Buku Matematika 5B
Alat: -
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab ( responsibility )
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ....
(.........................................)
NIP.
........, ................................. 20......
Guru Mapel Matematika
(...............................................)
NIP.
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SDN Cantik
Mata Pelajaran : Matematika 5B
Kelas / Program : V (Kelas)
Semester : 2 (Dua)
Alokasi Waktu : 44x35 menit
Standart Kompetensi : 6. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun
Kompetensi Dasar
Materi pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber / bahan / alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR
Bangun datar dan bangun ruang Memahami sifat-sifat segitiga dan menyebutkan macam segitiga :
segitiga sama sisi
segitiga sama kaki
segitiga siku-siku
segitiga sembarang
Mempelajari cara menggambar segitiga
Menggambar persegi panjang
Mempelajari sifat-sifat dan cara menggambar trapesium dan jajaran genjang
Menyebutkan benda-benda apa saja yang berbentuk lingkaran
Mempelajari sifat-sifat dan cara menggambar lingkaran
Mempelajari sifat-sifat dan cara menggambar belah ketupat dan layang-layang Mengidentifikasi sifat-sifat bangun segitiga dan persegi panjang
Menggambar bangun segitiga dan persegi panjang
Mengidentifikasi sifat-sifat bangun trapesium dan jajargenjang
Menggambar bangun segitiga dan persegi panjang
Mengidentifikasi sifat-sifat lingkaran
Menggambar lingkaran dengan jangka
Mengidentifikasi sifat-sifat belah ketupat
Menggambar belah ketupat Tugas Individu Laporan buku pekerjaan rumah Mengerjakan
soal
Latihan 1
Mengerjakan
soal
Latihan 2
8 jp Sumber:
Buku Matematika 5B
Alat:
Pensil, jangka, penggaris, dan penghapus
Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang SIFAT-SIFAT BANGUN
Bangun Ruang Memahami sifat-sifat dan cara mengambar Bangun Ruang ;
Tabung
Prisma tegak segiempat
Limas segiempat
Limas segitiga
- Kerucut
Mengerjakan tugas Mengidentifikasi sifat-sifat bangun prisma tegak, Limas, dan Kerucut
Menggambar bangun prisma tegak, Limas, dan Kerucut Tugas Indvidu Laporan buku pekerjaan rumah Mengerjakan latihan 3 s.d 5 6 jp Sumber:
Buku Matematika 5B
Alat:
Pensil, jangka, penggaris, dan penghapus.
Menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana SIFAT-SIFAT BANGUN
Bangun Ruang Mempelajari cara membuat jaring-jaring bagun ruang sederhana
Memahami bahwa jaring-jaring bagun ruang sederhana bisa dibuat lebih dari satu Membuat jaring-jaring bangun ruang sederhana Tugas Indvidu Laporan buku pekerjaan rumah Mengerjakan
Soal latihan
6-8
6 jp Sumber:
Buku Matematika 5B
Alat: Busur derajat, penggaris, pensil, jangka
Menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan simetri SIFAT-SIFAT BANGUN
Kesebanguan dan Simetri pada bangun Datar
Menunjukkan kesebangun antarbangun datar
Menentukan simetri lipat dan simetri putar Menjelaskan simetri lipat dan cara mencari simetri lipat
Menugaskan mengerjakan latihan 1 s.d 2
Menjelaskan simetri putar dan cara mencari simetri lipat
Menugaskan untuk menyebutkan bangun yang memiliki simetri lipat dan putar Menunjukkan sifat-sifat kesebangun antarbangun
Menunjukkan dan menentukan sifat-sifat simetri lipat dan simetri putar Tugas Individu Laporan buku pekerjaan rumah Mengerjakan
Latihan 11 6 jp Sumber:
Buku Matematika5B
Alat:
Memahami sifat-sifat
bsngun dan hubungan
antar bangun
SIFAT-SIFAT BANGUN Menjawab soal yang berka
itan dengan bangun datar
dan bangun ruang
Mengerjakan uji kompetensi Menghitung masalah yang yang berkaitan dengan
bangun datar dan
bangun ruang Tugas individu
dan Tugas ke
lompok Laporan
buku peke
rjaan rum
ah Mengerjakan
Uji kompeten
si 7 6 jp Sumber:
Buku Matematika 5B
Alat: -
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
dan Tanggung jawab ( responsibility )
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ....
(........................................)
NIP. ........, ................................. 20......
Guru Mapel Matematika
(...............................................)
NIP.
0 komentar: